Friday, March 1, 2013

Mendidik Akhlak Anak lewat Cerita Islami

Pendidikan Akhlak Anak Lewat Cerita Islami

Seringkali kita menjumpai anak-anak yang terobsesi dengan tokoh jagoan mereka, seperti Superman, Spiderman, Naruto dan lain-lain. Pernahkan anda menganalisa kejadian tersebut? Pelajaran apa yang bisa kita ambil dari kejadian tersebut?

Kita menjumpai anak-anak di sekitar kita begitu gigih mengidolakan tokoh-tokoh 'hero-nya' dan berusaha meniru tokoh idolanya tersebut. Betapa kuat sekali efek dari sebuah cerita, memberikan pengaruh yang sangat kuat kepada psikologis anak-anak.


Seandainya,.. mari kita berandai-andai, yang mereka tonton atau yang mereka konsumsi adalah cerita perjuangan tokoh-tokoh pejuan islam, perjuangan para sahabat di jaman Rasul, maka dengan sendirinya dari cerita-cerita tersebut akan memberikan kontribusi yang besar untuk pertumbuhan psikologis anak-anak kita, dan akan terbentuk karakter seorang muslim, dimana dia akan mengidolakan para pejuang-pejuan islam jaman dahulu. Akan meniru bagaimana gigihnya para sahabat dalam menjalankan kewajibanya sebagai seorang muslim, Subhallah,....  1 hal penting yang sering kita temui sehari-hari tapi kita melupakan dan melewatkanya begitu saja.

Ketika anak anda sudah terobsesi dan mengidolakan seorang pejuang islam, maka kita sebagai orang tua tidak akan lagi mengalami kesulitan untuk mengajarkanya sholat, mengajarkanya ngaji, dan lain-lain, karena sebelum kita meminta anak kita untuk belajar sholat, Insya Allah anak kita sendiri yang akan bertanya apa itu sholat? kenapa tokoh idolanya melakukan sholat sekalipun dalam keadaan perang?

Semoga sepenggal tulisan pendek ini bisa membuka mata anda, menyadari cara efektif untuk memberikan pendidikan akhlak dan pendidikan agama kepada anak-anak kita dengan sedikit effort tapi dampaknya luar biasa.

No comments:

Post a Comment